Artikel 300 Kata, Apakah Masih Bagus untuk SEO?

107 views

Apakah artikel 300 kata bagus untuk SEO? Banyak juga kita menemukan beberapa contoh artikel minimal 300 kata dengan beragam tema seperti kesehatan dan lain sebagainya yang memang di temukan dalam banyak sumber khususnya dari banyak penyedia jasa artikel.

Saat kita akan membuat sebuah artikel untuk kebutuhan Seo atau artikel yang Seo friendly, salah satu hal yang harus kita perhatikan selain penempatan Q dan riset search volume, penting juga untuk mengetahui tentang jumlah kata yang kita tulis. Hal yang kemudian Jadi pertanyaan biasanya adalah tentang berapa kata sih artikel yang ideal untuk SEO?

artikel 300 kata

Pertanyaan itu ditanyakan oleh satu atau dua orang saja. Tapi banyak orang yang menanyakan tentang pertanyaan tersebut. Pengalaman saya sebagai penyedia jasa penulis Artikel juga mengalami hal itu, dan tentunya kita semua butuh jawaban dari pertanyaan tersebut..

Untuk menjawab pertanyaan itu ada beberapa hal yang perlu kita coba bongkar terlebih dahulu. Ini penting dilakukan agar supaya kita bisa menemukan jawaban yang jelas dan logis atas pertanyaan tersebut.

Cek cek fakta..

Untuk bisa menemukan Jawaban dari pertanyaan itu salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah mengecek faktanya terlebih dahulu. Caranya gimana? Caranya sangat mudah sekali coba ikuti langkah berikut:

  1. Buka Google..
  2. Masukkan kata kunci
  3. Cek dan buka satu persatu halaman yang ada di page 1
  4. Silakan Anda copy artikelnya
  5. Lalu masukkan ke Microsoft Word
  6. Lalu cek berapa kata artikel..

Anda bisa coba berulang-ulang dengan beragam kata kunci untuk bisa memastikan berapa kata sih yang mendominasi halaman 1 atau posisi 1 di mesin pencari itu..

RESULT: Kalau berdasarkan hasil penelusuran saya sebagian besar halaman yang masuk ke S1 Google biasanya didominasi oleh konten yang artikelnya berada di atas 500 kata. Bahkan sebagian besar yang ada di posisi 1 2 dan 3 biasanya jumlah kata dalam konten artikel tersebut berada di atas 1000 kata..

Apakah semua KW yang mendominasi halaman 1 harus di atas 500 kata?

Sebetulnya tidak semua sih.. Hanya sebagian umum memang berada di atas 500 kata bahkan di atas 1000 kata. Akan tetapi bukan berarti semuanya, beberapa kata kunci yang cukup dengan 100 kata atau 200 kata sudah bisa muncul di halaman 1. Kok bisa? Tentu bisa karena memang ada hal yang harus Anda pahami.. Apa itu?

Pelajari dan pahami SEARCH INTENS..

Saya akan bahas tentang saji Intens dalam beberapa artikel lainnya. Tapi intinya begini saja intensi itu sebetulnya adalah tentang kategori kata kunci atau kategori. Kalau katagori keyword yang dicari itu misalnya seperti "Jual Tas" nah yang kemudian akan muncul tentu adalah di halaman teratas nya ada toko online atau bahkan didominasi oleh marketplace. Dan jumlah kata dalam halaman itu biasanya hanya sekedar Dek deskripsi paling 50-200 kata.

Apakah masih boleh buat artikel 300 kata?

Lalu ia kemudian juga Jadi pertanyaan penting selanjutnya adalah tentang apakah masih boleh kita membuat artikel yang hanya 300 kata. Boleh saja sih sebetulnya. Tidak ada yang melarang untuk Anda bisa membuat artikel 300 kata. Hanya saja memang untuk bisa mendominasi halaman 1 jika kita hanya mengandalkan kata kunci dengan artikel 300 kata, maka akan sulit apalagi jika saingan nya ternyata lebih dari 300 kata.

Apakah itu artinya artikel 300 kata tidak berguna?

Tidak juga justru sangat berguna bagi Anda yang memang mau menjadikan itu sebagai artikel yang akan digunakan dengan strategi Seo yang berbeda. Ada beberapa strategi Seo yang memang masih ampuh dan cocok menggunakan artikel 300/400 kata. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Artikel untuk kebutuhan backlink - terkadang saya masih menerima order artikel untuk kebutuhan backlink yang mana biasanya jumlah katanya antara 300 sampai 400 kata. Ketika para penggiat SEO atau penyedia jasa backlink masih order artikel dengan jumlah kata segitu, itu artinya memang masih efektif untuk digunakan.
  2. Gunakan Teknik HUB + Spoke - artikel sedikit ini juga sangatlah bagus dan cocok jika Anda memang mau menggunakan teknik SEO hub and spoke. Atau ada juga yang menyebutnya pilar in cluster. Jadi biasanya artikel 300 kata digunakan di bagian Cluster atau SPOKE topik. Tujuannya untuk menyokong bagian pilar atau hub topik. Saya akan bahas di bagian artikel..

Nah inilah sebetulnya jawaban penting yang bisa kita coba pahami tentang apakah masih efektif untuk membuat artikel 300 kata atau tidak. Semoga bermanfaat...

banner 728x90
  1. Jumlah Kata Artikel SEO yang IDEAL | Jasa Penulis Artikel SEO Murah dan Cepat1 month ago

    […] informasi robot Google bisa mengklik link artikel dengan mudah dan standar normal untuk artikel 300 kata. Pembahasan tentang artikel 300 kata sudah saya simak atau bahas dalam artikel sebelumnya. Jadi […]

    Reply

Leave a reply "Artikel 300 Kata, Apakah Masih Bagus untuk SEO?"

Author: 
    author