Mengenal Anchor Text; Fungsi, Jenis dan Cara Membuat

In Blog 237 views

Kenal dengan istilah anchor Text? Bagi para Blogger ataupun juga khususnya praktisi SEO, ini adalah salah satu istilah yang sangat penting dan populer. Makan ini menjadi salah satu pilihan strategi seo yang banyak digunakan. Hal itu dikarenakan penggunaan dari anchor text bisa berpengaruh pada ada link katan optimasi website yang anda miliki.

Dulu sebelum tahun 2000-an sebelum Update Google algoritma penguin, penggunaan dari anchor text ini memang memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan ranking sebuah website. Makan waktu itu banyak diantara Webmaster yang menggunakan cara curang dengan memperbanyak anchor text untuk meningkatkan visibilitas website dengan kata kunci tertentu di halaman pencarian.

cara mengetahui dan membuat anchor text

 

Tapi kemudian seiring dengan updatenya Google penguin, pihak Google melakukan razia terhadap website atau situs yang melakukan kecurangan tersebut. Akhirnya website yang melakukan cara curang kena penalti dari Google. Nah sekarang sebetulnya penggunaan anchor itu masih efektif tapi dengan harus cara yang benar dan aman.

Apa itu Anchor Text?

Anchor Text adalah sebuah kata/phrase atau kata kunci yang yang dapat diklik (clickable) digunakan untuk menghubungkan satu halaman web dengan yang lain. Dalam anchor text itu pada intinya disisipkan hyperlink yang mengarah ke halaman lain baik dalam satu website ataupun website yang berbeda. Jika mengarah ke satu website yang sama, maka kemudian disebut dengan istilah “internal link”, sementara jika mengarah ke website lain, maka kemudian disebut “external link”.

Nah dalam dunia SEO, keduanya banyak digunakan. Namun salah satu yang paling populer digunakan dan harus diperhatikan dengan baik adalah penggunaan external link karena ini yang kemudian akan menjadi apa yang disebut “backlink”. Sebagaimana diketahui bahwa dalam SEO, Backlink adalah salah satu bagian yang berpengaruh pada optimasi ranking website.

Fungsi dari Anchor Text

Selanjutnya perlu diketahui juga bahwa Anchor Text memang memiliki fungsi yang sangat penting. Namun sebagian di antaranya Mungkin banyak yang belum mengetahui apa Dan seperti apa fungsinya. Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa fungsinya memang memberikan equity link atau link juice sebagaimana yang sudah saya bahas dalam artikel sebelumnya.

Penggunaan anchor text ini memang memiliki peranan penting untuk optimasi search engine optimization atau SEO. Hal itu dikarenakan Google menggunakan sejumlah teknik untuk meningkatkan kualitas pencarian termasuk peringkat halaman, anchor teks, dan informasi kedekatan.

Mengenal Jenis Anchor Text

Selanjutnya akan kita bahas adalah tentang jenis dari anchor text itu sendiri. Ada banyak sekali pilihan jenis yang tersedia dan selama ini banyak digunakan serta populer. Beragam jenis itu menjadi pilihan yang bisa coba kita gunakan dalam pembuatan link menggunakan anchor text tersebut.

Adapun beberapa jenis yang dimaksud beberapa diantaranya akan dijelaskan berikut ini, silakan simak dan Pilih jenis mana saja yang memang akan Anda gunakan.

  • Exact-match

Ini adalah jenis anchor text yang banyak digunakan dalam internal link biasanya. Adapun yang dimaksud dengan exact match adalah dimana anchor tersebut sama dengan alamat link tersebut. Contohnya:

<a href=”https://artikelfresh.com/cara-membuat-meta-deskripsi-untuk-artikel-seo/”>cara membuat meta deskripsi dalam artikel seo</a>

  • Generic

Ini adalah jenis selanjutnya yang bisa kita coba gunakan Yakni dengan adanya tambahan misalnya klik Disini, dan lain sebagainya sebagai generik keyboard yang memang digunakan. Adapun contohnya adalah sebagai berikut:

<a href=”https://artikelfresh.com/tipe-dan-jenis-keyword-kata-kunci-dalam-seo/”>klik disini</a>

  • Naked link

Sementara itu selanjutnya kita mengenal jenis naked link. Nah kalau ini sebetulnya sangat mudah untuk bisa mengetahuinya karena na-eun lihatkan secara langsung calling tersebut tanpa harus menggunakan anchor text terlebih dahulu

  • Partial-match

Ini adalah jenis selanjutnya yang juga perlu diketahui dan banyak digunakan di mana adanya modifikasi terhadap kata kunci yang digunakan. Misalnya dengan menambahkan kata kunci long Tail dari kata kunci utama yang tersedia. Contohnya:

<a href=”https://artikelfresh.com/”>jasa penulis artikel seo</a>

  • Branded

Selanjutnya ada juga yang menggunakan branded atau pun juga brand. Ini bisa menjadi salah satu pilihan cara yang tepat yang bisa kita coba gunakan jika Anda memang membuat website atau blog anda menjadi sebuah brand. Adapun contohnya sebagai berikut:

<a href=”https://artikelfresh.com/”>artikelfresh</a>

  • Images

Anchor text juga bisa digunakan pada gambar atau image. Jadi pada saat memposting tulisan, tidak bisa menambahkan pada art Karena disana ada anchor text yang bisa digunakan.

author
Author: 
Pengertian dan Manfaat Konten Pilar
Pengertian dan Manfaat Konten Pilar
Baru-baru ini kami tim artikelfresh merilis produk
Jasa Content Writer Surabaya yang Bagus, Dimana Ya?
Jasa Content Writer Surabaya yang Bagus, Dimana Ya?
Anda sangat ini tinggal di Surabaya dan
Komunitas Penulis Bandung yang Terkenal dan Banyak Diminati
Komunitas Penulis Bandung yang Terkenal dan Banyak Diminati
Di Bandung ada banyak sekali komunitas kreatif.
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang
Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Tidak Ada Nama Pengarang
Artikel ini akan membahas dan sekaligus memberi

Leave a reply "Mengenal Anchor Text; Fungsi, Jenis dan Cara Membuat"

Must read×

Top