Strategi SEO Konten dan Keyword Pola “Hub & Spoke”

120 views

Oke selamat datang teman-teman... Saat ini saya akan share tentang Bagaimana strategi membuat konten dan juga pemilihan keyword berdasarkan pola "Hub & Spoke". Strategi ini sebelumnya sih saya dapatkan dari koin saya yang mana dia bisa dibilang expert SEO. Dia orangnya baik sering ngasih tahu dan memberikan pencerahan banyak hal tentang Seo dan konten. Saya juga jadi tambah banyak pengetahuan dari dia.

Oke pertama saya akan bagikan gambar tentang bagaimana teknik "Hub & Spoke" sebut bisa digambarkan secara visual. Nah di bawah ini adalah gambar yang dimaksud tersebut:

Setelah saya dapat gambar itu dan penjelasan sekilas tentang teknik penggunaannya dari lensa itu, kemudian saya coba searching juga untuk coba memahami lebih dalam. Setelah itu saya juga coba praktekkan pada beberapa blog dan website yang saya miliki. Agar lebih jelas dan detail kita simak saja beberapa penjelasannya di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan "Hub & Spoke"?

Perlu diketahui bahwa teknik "Hub & Spoke" ini bisa dibilang teknik baru dalam dunia SEO. Bahkan dikatakan bahwa "Hub dan Spoke SEO adalah masa depan strategi konten dan kata kunci" (monitorbacklinks.com). Pada intinya sebetulnya teknik ini berusaha untuk menghubungkan konten bertema yang sama lalu menghubungkan mereka, setelah itu kemudian membuat halaman pilar (hub) 10x yang bertindak sebagai hub konten.

Konten HUB ini sebetulnya bisa membantu Anda memecahkan masalah konten terkait (related contents) yang terputus di situs Anda. Kemudian selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan peringkat organik Anda untuk kata kunci target.

  • Hub / Pilar: Sebuah post atau halaman yang ingin Anda naikan rankingnya dengan baik untuk topik tersebut.
  • Spoke: Post yang membahas topik lebih detail dan dalam dari bagian hub, lalu memberikan backlink ke bagian hub / pillar

Apa keuntungan dari teknik ini?

Ada salah satu pertanyaan awal sebelum kita coba menerapkan teknik tersebut, kita harus tahu apa sih keuntungan yang bisa didapatkan. Tentunya Teknik ini muncul sebagai salah satu pilihan yang memang memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  • tingkatkan visibilitas dan Trafik Situs
  • Bangun Brand Authority
  • Riset keyword Bisa lebih mudah dan simpel
  • Menurunkan Tingkat Bouncing Anda
  • Pembahasan bisa lebih Komprehensif
  • Bagus untuk SEO dan User Experience

Penerapan Hub and Spoke

Kalau hanya membahas beberapa hal di atas, mungkin masih banyak yang belum paham apa yang dimaksud dan bagaimana cara penerapannya. Oleh karena itu agar lebih jelas dan detail, sangat bagus dan cocok untuk Anda bisa memahami cara penerapannya. Adapun beberapa penjelasannya adalah sebagai berikut..

Struktur yang bisa digunakan:

  • Domainanda*com/hub
  • Domainanda*com/spoke 1...20

Ini bagus juga untuk diterapkan bagi Anda yang memang mau jualan produk. Yang buat yang memiliki toko online misalnya, anda bisa coba terapkan Teknik ini dan hasilnya juga cukup baik. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan misalnya sebagai berikut:

  1. tokoonline*com/jus-pelangsing (hub/pilar page)
  2. tokoonline*com/manfaat-jus-untuk-kesehatan (spoke 1)
  3. tokoonline*com/fakta-tentang-berat-badan (spoke 2)
  4. tokoonline*com/kenapa-langsing-identik-dengan-cantik (spoke 3, ....20)

Nah itu beberapa contoh penerapan yang bisa kita lakukan melalui sebuah contoh dalam URL. Kemudian hal yang tak kalah penting harus jadi catatan adalah tentang adanya backlink. Spoker harus memberikan backlink terhadap hub/pilar. Kalau perlu spoke juga dikasih backlink external baik dari PBN, Web 2,0 atau GSA.

Demikian sebetulnya strategi SEO content dan keyword pola hub and spoke yang bisa saya jelaskan. Selebihnya Silakan cari dari banyak sumber lain atau terjadi komentar..

banner 728x90

Leave a reply "Strategi SEO Konten dan Keyword Pola “Hub & Spoke”"

Author: 
    author